1.1
Pengertian
Telaah Sosok Buku Teks dan Isi Format 1
Telaah
adalah mempelajari, menyelidik,
mengkaji, dan memeriksa. Sosok adalah bentuk, wujud atau rupa. Sedangkan
Buku teks atau buku pelajaran berisi informasi tentang ilmu pengetahuan atau
pelajaran tertentu, mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Buku teks ini termasuk
dalam golongan nonfiksi. Buku teks sering dipergunakan oleh para ilmuwan untuk
meyebarkan hasil penelitian atau penemuan mereka.
Buku
teks pelajaran merupakan buku yang dipakai untuk mempelajari atau mendalami
suatu subjek pengetahuan dan ilmu serta teknologi atau suatu bidang studi.
Jadi, menurut beberapa definisi diatas menyatakan bahwa telaah sosok buku teks
adalah mempelajari suatu bentuk buku pelajaran yang digunakan untuk mendalami
dan memahami suatu objek ilmu pengetahuan.
Telaah
isi format 1 adalah menelaah
serta memperjelas tentang sistimatika setiap pokok bahasan dan struktur buku
tersebut secara menyeluruh. Dengan demikian pada akhirnya, kita dapat memahami
karakteristik buku tersebut.
1.2
Telaah
Sosok Buku Teks
Buku
teks pelajaran (textbook) adalah buku acuan wajib untuk digunakan di
sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka meningkatkan keimanan,
ketakwaan, ahlak mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi, peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan
kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan
(Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Pasal 1 ayat 3).
Buku
teks pelajaran itu tidak habis sekali pakai, yang menjadi barang bekas setelah
dipelajari. Buku teks pelajaran harus dapat dipakai berulang-ulang, baik oleh
siswa yang sama maupun oleh siswa yang lain. Artinya, buku teks pelajaran
dibedakan dari buku penunjang pelajaran yang lain, seperti buku kerja siswa,
buku kumpulan tugas atau soal, dan sebagainya yang habis sekali pakai.
Buku
teks pelajaran menyediakan materi yang tersusun untuk keperluan pembelajaran
peserta didik. Peristiwa pembelajaran terjadi dalam kegiatan interaksi dan
komunikasi antarsiswa yang terjadi dalam kegiatan belajar dengan buku yang di
dalamnya tersedia bahan untuk dipelajari, baik dengan cara diindra, dipikirkan,
dirasakan, diimajinasikan, atau dilakukan. Buku teks pelajaran menyediakan
bahan yang sudah dipersiapkan, dipilih, dan ditentukan cakupan dan urutannya sehingga
memberikan kemudahan bagai peserta didik yang sedang belajar.
Buku
teks pelajaran dan pembelajaran merupakan dua hal yang saling melengkapi.
Pembelajaran akan berlangsung secara efektif jika dilengkapi dengan buku teks
pelajaran. Buku teks pelajaran dapat disusun serta digunakan dengan baik jika
prinsip-prinsip pembelajaran diperhatikan. Di dalam pembelajaran terdapat
siswa, guru, materi, proses, serta penilaian. Komponen itu harus tercermin pula
melalui buku teks pelajaran. Komponen itu kemudian diolah sehingga buku teks
pelajaran berisi kesatuan materi bahan ajar, cara penyajian materi bahan ajar,
contoh, serta latihan agar memberi kemudahan untuk dipahami dan dipraktikkan,
baik oleh siswa maupun guru.
Buku
teks pelajaran tidak hanya berisi kumpulan materi yang harus dihapalkan,
melainkan harus menyajikan materi yang dapat men-stimulus peserta didik untuk
berpikir lebih luas, kreatif, dan reflektif. Dalam buku teks pelajaran, materi
bahan ajar harus disajikan dengan cara tertentu agar peserta didik beroleh
pengalaman berkenaan dengan pemahaman, keterampilan, dan perasaan. Oleh karena
itu buku teks pelajaran berisi latihan yang menyajikan persoalan-persoalan yang
harus dipecahkan.
Buku
teks pelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran sehingga
guru terbantu dalam mengajarkan dan menakar kemampuan peserta didik atas materi
yang dipelajarinya. Buku teks pelajaran dapat dipandang sebagai sumber
pengetahuan tentang berbagai segi kehidupan. Oleh karena sudah dipersiapkan
dari segi kelengkapan dan penyajiannya, buku teks pelajaran itu memberikan
fasilitas bagi kegiatan belajar mandiri, baik tentang substansinya maupun
tentang caranya. Dengan demikian, penggunaan buku teks pelajaran oleh peserta
didik merupakan bagian dari pengembangan budaya baca, sebagai salah satu
indikator suatu masyarakat yang maju.
1.3
Format
Telaah Sosok Buku Teks dan Isi Format 1
Format
telaah buku teks adalah sebagai berikut
1. Identitas
Buku
Identitas buku terdiri dari
JUDUL
BUKU :
PENULIS :
PENERBIT :
KOTA
DAN TAHUN TERBIT :
JUMLAH
BAB :
JUMLAH
HALAMAN :
JENJANG
TUGAS :
SEKOLAH :
NOMOR ISBN :
2.
Kesesuaian Materi
Kesesuaian materi yang terdapat dalam buku teks
pelajaran berstandar yang akan dipilih melalui rapat pendidik (rapat guru)
dapat dilakukan dengan menggunakan pertimbangan hal-hal sebagai berikut:
a.
Tujuan pembelajaran sesuai dengan
kondisi peserta didik serta visi dan misi sekolah
b.
Materi yang dikembangkan memiliki
kekuatan bagi proses pembelajaran
c.
Materi memiliki kesejalanan dengan
konsep ilmu pendidikan
d.
Keakuratan dan kemutakhiran materi
sesuai dengan konteks dan kemampuan berpikir peserta didik
e.
Materi dibahas secara mendalam sesuai
dengan keperluan pembelajaran
3.
Penyajian Materi
Penyajian buku
teks merupakan aspek penting untuk dipertimbangkan oleh pendidik dalam memilih
buku teks pelajaran yang berstandar nasional. Aspek-aspek yang perlu mendapat
pertimbangan adalah:
a.
Penyajian peta konsep dan tujuan belajar
mudah dipahami oleh peserta didik
b.
Sistematika dan kelogisan urutan materi
serta hubungan antar-materi disajikan sesuai dengan kemampuan berpikir peserta
didik
c.
Penyajian materi dan ilustrasi/gambar
dapat memotivasi peserta didik untuk belajar.
d.
Penyajian materi mendorong umpan balik
dan refleksi diri pada peserta didik
e.
Anatomi buku disajikan dengan model yang
mudah dipahami peserta didik
4. Bahasa,
Keterbacaan, dan Grafika
Aspek lain yang
sangat penting bagi buku teks adalah bahasa yang digunakan. Selain itu aspek
keterbacaan (readability) sangat menentukan keterpahaman dan kemenarikan buku
teks. Aspek lainnya adalah grafika yang turut pula menentukan kualitas suatu
buku teks. Oleh karena itu, dalam memilih buku teks perlu mempertimbangkan
aspek-aspek berikut:
a. Ketepatan
dalam menggunakan pilihan kata dan gaya bahasa dengan budaya daerah
b. Kalimat
yang digunakan pada umumnya mudah dipahami peserta didik
c. Paragraf
yang disajikan tidak membingungkan
d. Memiliki
keterbacaan yang sesuai dengan usia baca dari peserta didik
e. Penggunaan
tata letak dan tipografi buku dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.
5.
Latihan dan Soal
Salah satu ciri yang membedakan buku teks dengan
jenis buku lain adalah ketersediaan latihan dan soal. Oleh karena itu, dalam
memilih buku teks perlu mempertimbangkan aspek ini. Adapun hal-hal yang perlu
mendapat pertimbangan adalah:
a.
Latihan dan soal yang dikembangkan
berkualitas dan fungsional bagi peserta didik
b.
Latihan-latihan sesuai dengan kompetensi
dasar yang dibelajarkan
c.
Soal yang digunakan dapat mengukur
kemampuan peserta didik secara komprehensif.
6. Aksesibilitas Terhadap Buku Teks
Aspek lain yang juga sangat penting dalam memilih
buku teks adalah aksesibilitas terhadap buku teks tersebut. Sekalipun
aspek-aspek lain telah mendapat pertimbangan, jika aspek ini terabaikan tentu saja
masih sangat sulit memiliki buku teks yang telah terpilih itu. Oleh karena itu,
dalam memilih buku teks pelajaran perlu mendapat pertimbangan hal-hal berikut:
a. Buku
teks tersebut mudah diperoleh
b. Harga
buku teks terjangkau oleh ketersediaan anggaran atau peserta didik.
Perhatikan
contoh menelaah buku teks dibawah ini
FORMAT
TELAAH BUKU TEKS
IDENTITAS
BUKU : BSE
JUDUL
BUKU :
FISIKA Untuk SMA dan MA kelas XII
PENULIS : SRI HANDAYANI DAN ARI DAMARI
PENERBIT :
Pusat Perbukuan DEPDIKNAS Tahun2009
KOTA
DAN TAHUN TERBIT : Jakarta, 2009
JUMLAH
BAB : X
(Sepuluh)
JUMLAH
HALAMAN : 154 hlm
JENJANG
TUGAS : XII
SEKOLAH : SMA /
MA
NOMOR ISBN :ISBN
978-979-068-166-8 (no jld lengkap)
ISBN 978-979-068-173-6
BAB
VII RADIASI BENDA HITAM
KELAYAKAN MATERI
A. KESESUAIAN URAIAN MATERI DENGAN
SK DAN KD
|
||
Butir
1
|
Kelengkapan
materi
|
komentar
|
Deskripsi
|
Materi yang disajikan mencakup semua
materi yang terkandung dalam Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD).
|
Semua materi yang ada didalam buku BSE
ini sudah terkandung dalam Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).Daftar Isi
|
Butir
2
|
Keluasan
materi
|
|
Deskripsi
|
Materi yang disajikan mencerminkan
jabaran yang mendukung pencapaian semua Kompetensi Dasar (KD).
|
Semua materi yang terdapat dalam buku
BSE ini sudah mencerminkan jabaran yang mendukung semua Kompetensi Dasar
(KD).
|
Butir
3
|
Kedalaman
materi
|
|
Deskripsi
|
Materi yang disajikan mulai dari
pengenalan konsep, definisi, prosedur, tampilan output, contoh, kasus,
latihan, sampai dengan interaksi antar-konsep sesuai dengan tingkat
pendidikan peserta didik dan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi
Dasar (KD).
|
Semua materi yang disajikan sesuai
dengan yang diamanatkan oleh Kompetensi Dasar (KD).
|
B. KEAKURATAN MATERI
|
||
Butir
4
|
Keakuratan
versi dan spesifik materi
|
|
Deskripsi
|
Versi dan spesifikasi materi
dinyatakan secara eksplisit sehingga tidak membingungkan peserta didik.
|
Spesifikasi materi sudah dinyatakan secara eksplisit karena dalam
penyajiannya tidak abstrak dan menyajikan contoh yang dapat dipahami peserta
didik
|
Butir
5
|
Keakuratan
istilah
|
|
Deskripsi
|
Istilah-istilah teknis sesuai dengan
kelaziman yang berlaku di bidang/ilmu fisika.
|
Istilah – istilah teknis yang
digunakan dalam buku BSE ini telah sesuai dengan bahasa fisika.
|
Butir
6
|
Keakuratan
notasi, symbol dan ikon
|
|
Deskripsi
|
Notasi, symbol, dan ikon disajikan
secara benar menurut kelaziman yang digunakan dalam bidang/ilmu fisika.
|
Notasi, symbol dan ikon yang digunakan
dalam buku BSE ini sudah sesuai dan benar menurut kelaziman yang digunakan
dalam bidang ilmu fisika.
|
Butir
11
|
Keakuratan
acuan pustaka
|
|
Deskripsi
|
Pustaka disajikan secara akurat serta
setiap pustaka acuan dalam teks dan sebaliknya setiap acuan dalam teks
terdapat pustakanya.
|
Pustaka disajikan secara akurat,namun buku BSE ini tidak
memuat pustaka yang berupa link hypermedia. Daftar Pustaka
|
C. KEMUTAKHIRAN MATERI
|
||
Butir
12
|
Kesesuaian
materi dengan perkembangan fisika
|
|
Deskripsi
|
Materi yang disajikan actual yaitu
sesuai dengan perkembangan keilmuan FISIKA.
|
Ya, materi yang
disajikan aktual, akurat, dan up to date sesuai dengan pekembangan ilmu
fisika.
|
Butir
13
|
Contoh
dan kasus aktual
|
|
Deskripsi
|
Contoh dan kasus actual yaitu sesuai
dengan perkembangan keilmuan FISIKA.
|
Contoh dan kasus disajikan aktual dan
sesuai dengan perkembangan keilmuan fisika
|
Butir
14
|
Gambar,
diagram, dan ilustrasi actual.
|
|
Deskripsi
|
Contoh diagram dan grafik juga
ilustrasi bersifar aktual hanya saja dalam bab radiasi benda hitam hanya
terdapat satu grafik, namun berhubugan dengan materi yang dipelajari pada bab
bersangkutan
|
|
Butir
15
|
Menggunakan
contoh dan kasus di Indonesia
|
|
Deskripsi
|
Contoh dan kasus disajikan sesuai
dengan situasi serta kondisi di Indonesia.
|
Karena pembahasan materi mengenai
radiasi benda hitam, maka contoh yang diberikan tidak disesuaikan dengan
kondisi dan situasi di Indonesia tetapi lebih pada pengaplikasian materi
|
Butir
16
|
Kemutakhiran
pustaka
|
|
Deskripsi
|
Pustaka dipilih yang mutakhir
|
Pada pustaka dalam buku memuat materi yang
mutakhir sesuai kebutuhan mencapaian SK dan KD.
|
D. MENDORANG KEINGINTAHUAN
|
||
Butir
17
|
Mendorong
rasa ingin tahu
|
|
Deskripsi
|
Uraian, latihan atau contoh-contoh
kasus yang disajikan mendorong peserta didik untuk mengerjakannya lebih jauh
dan menumbuhkan kreativitas.
|
Uraian, latihan atau contoh – contoh
kasus yang disajikan mendorong peserta didik untuk mengerjakannya lebih jauh
dan menumbuhkan kreativitas.
|
Butir
18
|
Mendorong
keinginan untuk mencari informasi lebih jauh
|
|
Deskripsi
|
Terdapat link hypermedia yang
dapatmendorong keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh.
Contoh : diberikan link tentang software pengolahan kata yang dapat digunakan
secara gratis dll.
|
Buku BSE ini belum memuat link
hypermedia yang dapat mendorong keinginan peserta didik untuk mencari
informasi lebih jauh.
|
E. PRAKTIKUM DAN KEWIRAUSAHAAN
|
||
Butir
19
|
Menyajikan
prosedur keselamatan kerja.
|
|
Deskripsi
|
Uraian materi yang berkaitan dengan
baik keamanan perangkat data, dan keselamatan manusia disertai prosedur
keselamatan kerja yagn memadai.
|
Belum terdapat uraian materi yang
berkaitan dengan keamanan perangkat data maupun keselamatan kerja karena
tidak ada praktikum yang tercantum pada bab radiasi benda hitam
|
Butir
20
|
Menumbuhkan
semangat kewirausahaan
|
|
Deskripsi
|
Latihan atau contoh-contoh yang
disajikan memotivasi peserta didik untuk bekerja keras sehingga menghasilkan
sesuatu yang mempunyai nilai guna.
|
Contoh – contoh aplikasi konsep fisika
yang dimuat dalam buku ini hanya
berpusat pada pengembangan materi dan belum cukup untuk memotivasi siswa
untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai guna
|
Butir
21
|
Menumbuhkan
daya saing
|
|
Deskripsi
|
Latihan atau tugas yang disajikan
memotivasi peserta didik untuk menghasilkan sesuatu yang dimiliki nilai
lebih. Contoh : aplikasi konsep fisika yang bernilai ekonomis.
|
Latihan dan tugas hanya bersifat
kognitif, dan tidak menyentuh aspek psikomotor, sehingga tidak dapat memotivasi
siswa untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih
|
Butir
22
|
Memberikan
tugas praktikum
|
|
Deskripsi
|
Tugas-tugas praktikum perlu diberikan
baik untuk perorangan maupun untuk kelompok.
|
Dalam buku BSE bab Radiasi Benda Hitam
ini belum terdapat lembar aktivitas siswa yang berisi praktikum.
|
Butir
23
|
Meningkatkan
keterampilan teknis
|
|
Deskripsi
|
Uraian prosedur penggunaan
peralatan/software yang disajikan dapat diikuti dan dilaksanakan oleh peserta
didik sehingga meningkatkan keterampilan teknis dari peserta didik.
|
Tidak ada prosedur penggunaan
peralatan atau software pada bab radiasi benda hitam pada buku ini.
|
KELAYAKAN PENYAJIAN
TEKNIK
PENYAJIAN
|
||
Butir
24
|
Konsistensi
sistematika sajian dalam bab
|
|
Deskripsi
|
Sistematika penyajian dalam setiap bab
taat asas (memiliki pendahuluan, isi dan penutup.
|
Pada buku BSE ini konsistensi
penyajian dalam setiap bab, sudah konsisten. Pada awal materi ada pendahuluan
mengenai aplikasi atau penerapan langsung dalam kehidupan sehari-hari yang
sesuai dengan materi dan juga terdapat ilustrasi gambar pada awal pendahuluan
materi, pendahualuan pada buku ini juga merangsang siswa untk berfikir
kreatif dan berfikir sistematik mengenai materi yang akan di bahas.
|
Butir
25
|
Keruntunan
konsep
|
|
Deskripsi
|
Penyajian konsep di sajikan secara
runtun mulai dari yang mudah ke sukar, dari yang kongkret ke abstrak dan dari
yang sederhana ke kompleks dari yang dikenal sampai yang belum dikenal.
Materi bagian sebelum nya bisa membantu pemahaman materi pada bagain
selanjutnya.
|
Setelah menelaah buku BSE untuk kelas
XII semester 2 bab Radiasi benda hitam
ini, semua keruntunan konsep nya sudah di buat sedemikian rupa sehingga
materi yang di tampilkan sangat jelas runtunnya, dari yang mudah baru ke yang
sulit, serta pada materi awal sudah dipermudah untuk mempelajari materi
selanjutnya sesuai dengan konsep.
|
PENDUKUNG
PENYAJIAN
|
||
Butir
26
|
Pembangkit
motivasi belajar pada awal bab
|
|
Deskripsi
|
Terdapat uraian tentang apa yang akan
di capai peserta didik setelah mempelajari bab tersebut dalam upaya
membangkitkan motivasi belajar.
|
Ya, terdapat uraian tentang apa yang
akan dicapai oleh peserta didik jika telah selesai mempelajari materi pada
bab radiasi benda hitam ini, yang terdapat pada awal bab dan disertakan juga
gambar penunjang nya, yang berguna untuk membangkitkan motivasi belajar
peserta didik.
|
Butir
27
|
Contoh-contoh
soal dalam setiap bab
|
|
Deskripsi
|
Terdapat contoh-contoh soal yang dapat
membantu menguatkan pemahaman konsep yang ada dalam materi. Setiap contoh
perlu di lengkapi dengan bukti hasil percobaan (output)
|
Ya, sudah terdapat contoh-contoh soal
pada buku BSE ini, yang diberikan pada tiap sub-sub bab yang dapat membantu
dan memperjelaskan peserta didik mengenai aplikasi rumus-rumus yang telah
diajari sebelumnya. Hanya saja contoh yang diberikan masih bersifat
sederhana.
|
Butir
28
|
Kata-kata
kunci baru pada setiap awal bab
|
|
Deskripsi
|
Kata-kata kunci baru yang akan
dipelajari pada bab terkait perlu di sebutkan pada setiap awal tersebut.
|
Kata kunci perlu diberikan pada awal
bab dikarenakan dapat membantu peserta didik dalam memahami dam mempelajari
mengenai materi yang akan dibahas selanjutnya, dan pada bab Radiasi Benda
hitam, kata kunci yang diberikan hanya sedikit saja dan diberikan pada awal
bab
|
Butir
29
|
Soal
latihan pada setiap akhir bab
|
|
Deskripsi
|
Soal-soal yang dapat melatih kemampuan
memahami dan menerapkan konsep yang berkaitan dengan materi dalam bab sebagai
umpan balik di sajikan pada setiap akhir bab.
|
Pada akhir bab Radiasi benda hitam,
diberikan latihan-latihan soal yang dapat melatih kemampuan siswa memahami
dan menerapkan konsep yang berkaitan dengan radiasi benda hitam.
|
Butir
30
|
pengantar
|
|
Deskripsi
|
Pengantar pada awal buku berisi tujuan
penulisan buku teks pelajaran FISIKA, sitematika buku, cara pengajaran
termasuk materi apa saja yang harus diberikan ke peserta didik untuk satuan
masa pengajaran atau satu semester
tertentu, cara belajar yang harus di ikuti, serta hal-hal lain yang di
anggap penting bagi peserta didik.
|
Pada pengantar buku BSE ini yang kami
lihat dan kami amati bahwa baru menampilkan tujuan penulisan buku teks fisika
itu saja, dan yang dianggap penting misalkan cara pengajaran dan sistematika
buku tersebut tidak dijelaskan. Sistematika buku hanya diberikan secara umum
pada daftar isi.
|
Butir
31
|
Glosarium
|
|
Deskripsi
|
Glosarium berisi istilah – istilah
penting dalam teks dengan penjelasan arti istilah tersebut, dan ditulis
alfabetis.
|
Dalam buku ini terdapat glosarium yang
berisi istilah penting dan pengertian atau penjelasannya, serta disusun
secara alfabetis
|
Butir
32
|
Daftar Indeks (Subyek)
|
|
Deskripsi
|
Indeks subjek merupakan daftar kata
penting yang diikuti dengan nomor halaman kemunculan.
|
Dalam buku BSE ini terdapat indeks
subjek dan daftar kata penting yang diikuti oleh nomor halaman dimana istilah
tersebut ditemukan
|
Butir
33
|
Daftar
Pustaka
|
|
Deskripsi
|
Daftar buku yang digunakan sebagai
bahan rujukan dalam penulisan buku tersebut yang diawali dengan nama
pengarang (yang disusun secara alfabetis), tahun terbitan, judul buku /
majalah / makalah/ arFisikael, tempat, dan nama penerbit, nama dan lokasi
situs internet serta tanggal akses situs (jika memakai acuan yang memiliki
situs)
|
Ada, referensi yang dipakaioleh
penulis juga sudah cukup banyak dan sebagian besar merupakan buku dengan
penulis luar negeri. Namuntidak ditemukan atau tidak tersedia daftar pustaka
dalam bentuk website. Sementara itu, sistematika daftar pustaka sudah secara
alfabetis dan sesuai dengan aturan EYD
|
Butir
34
|
Rangkuman
|
|
Deskripsi
|
Rangkuman merupakan konsep kunci bab
yang bersangkutan yang dinyatakan dengan kalimat ringkas dan jelas,
memudahkan peserta didik dalam memahami isi bab.
|
Terdapat rangkuman pada akhir bab
Radiasi Benda Hitam dan telah mewakili isi dari bab yang disajikan sehingga
dapat membantu pembaca dalam memahami materi tersebut.
|
Butir
35
|
Lampiran
|
|
Deskripsi
|
Lampiran memuat informasi atau bahan
pendukung, atara lain data dan program yang diujicobakan dalam buku dan bahan
latihan lanjut. Lampiran bisa disimpan dalam CD atau dapat diakses lewat
internet.
|
Ya terdapat lampiran yang memuat
informasi yaitu daftar alfabet yunani dan bilangan-bilangan konstanta,
Halaman ini dapat disimpan dalam bentuk CD dan dapat diakses lewat internet
karena format buku BSE yang elektronik.
|
C.
PENYAJIAN PEMBELAJARAN
|
||
Butir
36
|
Keterlibatan
Peserta Didik
|
|
Deskripsi
|
Penyajian materi bersifat interaktif
dan partisipatif ( ada bagian yag mengajak pembaca untuk berpatisipasi –
misalnya dengan mengajak peserta mencoba latihan dengan data baru.
|
Penyajian materi sudah bersifat
interaktif dan partisipatif dan dapat juga dilihat terdapat soal-soal
kompetensi yang disisipkan disela-sela materi yang disajikan, tepatnya
setelah contoh soal disajikan
|
Butir
37
|
Kesesuaian
dengan Karakteristik Fisika
|
|
Deskripsi
|
Metode dan pendekatan penyajian
diarahkan ke metode inkuiri / eksperimen, diakhir setiap bab minimum memuat
materi/latihan yang dapat dipraktikkan oleh peserta didik.
|
Belum terdapat metode dan pendekatan
yang diarahkan ke metode inkuiri dan eksperimen yang mungkin disebabkan
faktor materi pada Bab Radiasi Benda Hitam yang agak sukar untuk dipraktekkan
|
D.
KOHERENSI DAN KERUNTUTAN
|
||
Butir
38
|
Kertautan
Antar Bab/Subbab/Alinea
|
|
Deskripsi
|
Penyampaian pesan antara subbab dengan
bab lain / subbab dengan subbab / antara alinea dalam subbab yang berdekatan
mencerminkan keruntutan dan keterkaitan isi.
|
Pendekatan penyampaian antar subbab
dan antar alinea sudah mencerminkan keruntutan dan keterkaitan isi pada
materi Radiasi Benda Hitam.
|
Butir
39
|
Keutuhan
Makna dalam Bab/Subbab/Alinea
|
|
Deskripsi
|
Pesan atau materi yang disajikan dalam
suatu bab/subbab/alinea harus mencerminkan suatu tema
|
Pesan dan materi yang disajikan dalam
suatu sub bab didalam Bab Radiasi Benda hitam sudah mencerminkan suatu tema
|
KELAYAKAN KEBAHASAAN
A.
LUGAS
|
||||
Butir
1
|
Ketepatan
struktur kalimat
|
|
||
Deskripsi
|
Kalimat yang digunakan mewakili isi
pesan atau informasi yang ingin disampaikan dengan tetap mengikuti tata
kalimat Bahasa Indonesia.
|
Kalimat yang dipakai sudah mewakili
isi pesan atau informasi yang ingin disampaikan, dan sudah sesuai dengan
kaidah SPOK dan tata kalimat dalam bahasa Indonesia juga sudah baik
|
||
Butir
2
|
Keefektifan
kalimat
|
|
||
Deskripsi
|
Kalimat yang disampaikan sederhana dan
langsung ke sasaran.
|
Kalimat yang digunakan sudah sederhana
dan dapat dipahami secara langsung oleh peserta didik dalam memahami isi
materi yang disampaikan.
|
||
Butir
3
|
Kebakuan
istilah
|
|
||
Deskripsi
|
Istilah yang digunakan sesuai dengan
Kamus Besar Bahasa Indonesia dan / atau adalah istilah teknis yang telah baku
digunakan dalam FISIKA. Padanan istilah teknis yang masih cukup asing
diberikan penjelaannya pada glosarium.
|
Untuk istilah-istilah fisika yang
digunakan sudah baik, dan juga dalam istilah bahasa asing sudah diberikan
dalam penjelasan bahasa Indonesia, dan dicantumkan dalam glosarium
|
||
B.
KOMUNIKATIF
|
||||
Butir
4
|
Pemahaman
terhadap pesan atau informasi
|
|
||
Deskripsi
|
Pesan atau informasi disampaikan
dengan bahasa yang menarik dan lazim dalam komunikasi tulis Bahasa Indonesia.
|
Penyampaian informasi sudah cukup baik
dan lazim di dengar dalam fisika, dan penyampaiannya sudah benar menurut
bahasa Indonesia yang sesuai kaidah bahasa Indonesianya (SPOK).
|
||
C.
DIALOGIS
DAN INTERAKTIF
|
||||
Butir
5
|
Kemampuan
memotivasi peserta didik
|
|
||
Deskripsi
|
Bahasa yang digunakan membangkitkan
rasa senang ketika peserta didik membacanya dan mendorong mereka untuk
mempelajari buku tersebut secara tuntas.
|
Bahasa yang digunakan sudah cukup
untuk mendorong peserta didik untuk membaca dan mempelajari buku tersebut.
|
||
Butir
6
|
Mendorong
berpikir kritis
|
|
||
Deskripsi
|
Bahasa yang digunakan mampu merangsang
peserta didik untuk mempertanyakan suatu hal lebih jauh, dan mencari jawabnya
secara mandiri dari buku teks atau sumber informasi lain.
|
Bahasa yang digunakan sudah cukup
mampu dapat merangsang peserta didik dalam mempertanyakan sesuatu hal yang
lebih jauh untuk mencari jawabanya dari sumber-sumber informasi pada buku BSE
ini.Halaman 112
|
||
D.
KESESUAIAN
DENGAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
|
||||
Butir
7
|
Kesesuaian
dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik
|
|
||
Deskripsi
|
Bahasa yang digunakan dalam
menjelaskan suatu konsep harus sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif
peserta didik.
|
Penjelasan konsep-konsepnya sudah
cukup sesuai dengan perkembangan pola fikir peserta didik secara kognitif.
|
||
Butir
8
|
Kesesuaian
dengan tingkat perkembangan emosional
peserta didik
|
|
||
Deskripsi
|
Bahasa yang digunakan sesuai dengan
tingkat kematangan emosional peserta didik.
|
Bahasa yang digunakan sudah cukup
sesuai pada tingkat kematangan emosional peserta didik, yang dalam hal ini
merupakan siswa SMA kelas XII
|
||
E.
KESESUAIAN
DENGAN KAIDAH BAHASA INDONESIA
|
||||
Butir
1
|
Ketepatan
tata bahasa
|
|
||
Deskripsi
|
Tata kalimat yang digunakan untuk
menyampaikan pesan mengacu kepada kaidah tata Bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
|
Tata kalimat yang digunakan sebagian
besar sudah mengacu kepada kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar
dan pesan yang ada dapat tersampaikan kepada peserta didik.
|
||
Butir
2
|
Ketepatan
ejaan
|
|
||
Deskripsi
|
Ejaan yang digunakan mengacu kepada
pedoman Ejaan Yang Disempurnakan.
|
Ejaan yang digunakan dalam buku BSE
sebagian besar sesuai dengan EYD
walaupun ada beberapa yang belum sesuai, namun tetap bisa dipahami bahasanya.
|
||
F.
Penggunaan
istilah, simbol atau ikon
|
||||
Butir
1
|
Konsistensi
penggunaan istilah
|
|
||
Deskripsi
|
Penggunaan istilah yang menggambarkan
suatu konsep harus konsisten antar-bagian dalam buku.
|
Penggunaan istilah dalam Bab Radiasi
benda Hitam ini sudah konsisten sehingga akan mempermudah peserta didik dalam
membacanya.
|
||
Butir
2
|
Konsistensi
penggunaan simbol atau ikon
|
|
||
Deskripsi
|
Penggambaran simbol atau ikon harus
konsisten antar-bagian dalam buku.
|
Penggambaran symbol dan ikon untuk
masing-masing konsep telah konsisten dariawal bab Radiasi benda Hitam sampai
pada akhir babHalaman 111
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar